Belajar Kembali HTML5 dan CSS3 serta 5 Menit Perkenalan Yeoman.io

Bismillah,

Setelah kurang lebih dua tahun vakum di dunia web, hari ini saya memutuskan untuk kembali mempelajarinya. Ternyata setelah tidak aktif untuk waktu yang cukup lama, perkembangan aplikasi web berkembang sangat pesat. Tantangan pertama adalah “bagaimana memulai mempelajarinya kembali?” Cukup bingung untuk memulai kembali dengan perkembangan yang amat pesat tersebut. Akhirnya saya memutuskan untuk mempelajari kembali HTML dan CSS (HTML5 dan CSS3) melalui frameworks atau templates. Dan sebagai langkah awal, pilihan jatuh kepada HTML5Boilerplate“The web’s most popular front-end template”.

Dalam perjalanannya, saya mencoba untuk mengenal framework ini dengan cara mengeksplor paket yang diberikan. Setelah beberapa menit membaca dokumentasi, saya terarah untuk mencoba script lingkungan pengembangan aplikasi web yaitu Node-Build-Script. Sayangnya script tersebut sudah tidak lagi dilanjutkan pengembangannya. Namun pada bagian projek readme ada saran untuk menggunakan kerangka bangun (scaffolding) lain, yaitu Yeoman.ioa modern workflows for modern webapps. Rasanya saya pernah mendengar dan juga membaca mengenai kerangka bangun ini, namun saat itu, saya belum cukup tertarik untuk menelusurinya. Setelah cukup tertarik untuk mencobanya akhirnya saya ikuti link tersebut.

Setelah membaca sekilas apa yang ditawarkan kerangka bangun tersebut, akhirnya saya ingin mencobanya untuk proses pengembangan aplikasi web selanjutnya. Berikut adalah video pengantar mengenai apa itu Yeoman

Getting Started with Yeoman.io

Automating Your Front-End Workflow With Yeoman 1.0

Langkah selanjutnya adalah mempelajari secara utuh HTML5Boilerplate, Yeoman, Grunt, dan juga Bower.

Milestones

1 Step – Interest 🙂

Leave a Reply

